standar ganda

Pertama kali denger istilah ini dari salah seorang temen saya di satu unit.
Pertamanya saya sedikit bingung.. karna dia menyebutkan istilah ini sebagai salah satu karakter dari seseorang yang saya kenal.

Kemudian saya bertanya
”Emang standar ganda tuh apaan sih?”

Dia menjawab
”Standar ganda tuh bisa kita sebut untuk seseorang yang ngomongnya siga nu heu-euh.. berkoar2 ttg kebenaran tetapi dia sendiri melakukan hal-hal kebalikan dari yang diomonginnya”

Contohnya gini gun..
Seseorang mengatakan bahwa ghibah tuh ga baik, tapi dia sendiri melakukan hal tersebut..

atau contoh lain

Seseorang mendeklarasikan diri..” saya tidak akan pacaran sebelum menikah” .. memang dia tidak pacaran.. tapi dia smsan, ngobrol berdua dgn yg bukan mahramnya sampe ga sadar dengan lingkungannya yg merasa ga nyaman dengan obrolan mereka, pergi berdua, chating intens dengan seseorang yg dia deklarasikan sebagai her husband/ his wife to be nya.. dengan dalih kita ga pacaran ko, kita cuma ingin lebih saling mengenal aja sebelum kita menikah... tapi ga ada bedanya kan gun? dia tetap bukan mahramnya saat ini karna manusia tidak pernah tau siapa jodohnya, bisa jadi hari ini sang lelaki bilang ’saya calon suamimu’, tapi esok harinya lelaki itu menikah dengan orang lain, seorang janda miskin yang butuh bantuan??! Iya kan? Jodoh mah hanya Allah yang tau..

Teman saya memberikan contoh kurang lebih seperti itu..

Hmmm saya jadi sedikit berpikir setelah itu.

Memang sulit ketika kita ingin berdakwah..
Karna ketika kita menyampaikan sesuatu kebaikan kepada orang lain, kita dijadikan acuan untuk melaksanakan hal baik tersebut.

Dan jujur.. saya ngerasa itulah bagian tersulit dari tugas saya sekarang sebagai guru!

Saya menasehati murid saya untuk tidak malas, tapi saya sendiri terkadang masih sering sekali menyia-nyiakan waktu dengan hal yg sesungguhnya kurang bermanfaat.
Saya menasehati murid saya untuk memotong kukunya yg panjang, tapi saya sendiri ketika mengetik post ini masih berkuku panjang karna sayang memotongnya, tampak bagus dilihatnya.
Saya menasehati murid saya untuk selalu bersabar terhadap kesalahan orang lain, tapi saya sendiri masih suka marah-marah sama supir angkot yang ngetem lama.

Sulit.. memang sulit..

Karna itu hati-hatilah dengan mulutmu.. hati-hati dengan ucapanmu

Tapi tidak salah ketika kita ingin menyampaikan kebaikan kepada orang lain, hanya saja bersiaplah untuk selalu bertanggung jawab dengan segala ucapan kita.. jangan sampai orang-orang mencap kita sebgai seseorang yg berstandar ganda dan malah membuat orang lain jadi malas untuk melakukan hal baik yg telah kita sampaikan. ruginya double kan?

Dan sungguh pun, berdakwah memang jalan paling ampuh untuk merubah diri menjadi lebih baik, karna rasa tanggung jawab akan menuntut diri kita sendiri untuk melakukan hal-hal yang telah kita sampaikan.

fyuhhh.. doakan saja saya yaa.. (masih juga minta doa=D)
semoga masalah "menyebar kebaikan" ini ga akan jadi suatu beban tapi jadi suatu ladang amal yang membuat diri jadi lebih baik. amin

sekian dulu aja ah..
maaf, saya memang bukan pentutur kata yang baik.. tapi mudah-mudahan maksud saya tersampaikan.
Udah dulu yaa.. mau potong kuku dulu... hehe

=) =)

4 Response to "standar ganda"

  1. Fanny Rosdiawan says:
    Thursday, 14 February, 2008

    Iyah ngun, harus belajar menjadi pembina yang baik sekarang mah, sudah saatnya diri ini berguna dijalan itu..

  2. anggun oktari says:
    Saturday, 16 February, 2008

    sip kang.. doakan saja bisa amanah!
    tetap smangaaaaaaaaaat!!=D

  3. abahsangpenyamun says:
    Monday, 18 February, 2008

    sy ampir tiap hari ketemu sama yang berstandar ganda, mang darman. ya iya lah.. mang darman kan motorkuh.. :D

  4. anggun oktari says:
    Monday, 18 February, 2008

    hihi si geboy ke laut aja nih???
    motor teh emang berstandar ganda yaa? berarti motor identik dgn nini2 atuh.. loh ko??!!!**%###