dunia tak selebar daun kelor

Sebenarnya kalimat itu merupakan sebuah peribahasa kan yaa.. yang kata wikiquote mah artinya 'jangan cepat berputus asa karena masih banyak yang lain'.

Tapi kalau diartikan secara denotatif, mungkin bisa diterjemahkan menjadi : 'dunia itu luas sekaliiiii ga cuma segede daun kelor.. begitu banyak hal yang ada di dalamnya..'
(ceuk saya yah ini mah)

tapi terkadang kalimat itu ga berlaku juga ternyata, malah yang kejadian adalah sebaliknya. Kadang-kadang loh yaa, "dunia itu kaya selebar daun kelor ajah" (padahal saya sendiri ga tau daun kelor itu segede apa hehe)

Pernah ngalamin ga sih?? ternyata suaminya temen itu adalah saudaranya tetangga sebelah rumah, guru di sekolah itu adalah temennya mamah waktu jaman kuliah, tante nikah sama pamannya sahabat, atau kakaknya temen adalah temennya temen kakak temen saya (pusing pusing dehh hehehe).. yah kejadian-kejadian semacam itu lahh

Saya rasa cukup sering kejadian kan hal begituan??? betapa terkadang terasa kecil sekali dunia.. begitu banyak hubungan yang terjadi antara satu orang dengan yang lainnya.

Dan itu yang saya rasakan ketika melihat satu barang ini (yang sudah sangat saya hapal bentuknya karena satu sampai lima tahun yang lalu sering sekali saya lihat yang serupa meski tak sama) terpajang di antara tumpukan puluhan piala yang tertata rapih di ruang guru, tempat nongkrongnya saya tiap hari dari senin sampai jumat. (perhatikan kata puluhan piala donk.. ehhmm mencoba menegaskan sekolah dengan banyak prestasi sebetulnya hehehe.. pamerrr)


Yayaya.. dulu ketika jaman saya masih kelas 3 sma, plakat ini merupakan penghargaan atas keikutsertaan peserta suatu acara pasanggiri kabaret sunda yang diselenggarakan oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa di ITB yang setahun kemudian hingga empat tahun selanjutnya jadi tempat saya berkegiatan, berkesenian, berkeluarga (memiliki teman seperti keluarga maksudnya =D)

Unit kegiatan mahasiswa yang pada akhirnya selama kuliah menjadi rumah kedua saya, Lingkung Seni Sunda ITB.

Dan kini saya menemukan prasasti (beuh kesannya pelajaran sejarah aja) peninggalan kegiatan LSS dulu kala di tempat yang saat ini telah menjadi rumah kedua saya pula, sekolah tempat saya mengajar dan belajar, MTs-MA Asih Putera.

Senang saja rasanya, dua bagian penting dalam kehidupan saya ternyata sempat ada 'hubungan khusus' di masa lampau (kesannya berabad-abad yang lalu gtu yaa pake kata lampau=D hihi)

Dunia memang selebar daun kelor ternyata (ahhhh daun kelor teh segede apaaaa siiiiiihhhh???)


10 Response to "dunia tak selebar daun kelor"

  1. Anonymous Says:
    Saturday, 15 November, 2008

    yay.. ternyata dunia bu anggun ga berkembang, teu jauh ti pps lss geuning. hehehe..

    iyah bener, eta teh pas pasanggiri pelajar sunda taun 2003 asa na mah. kabaret nya.. tpi lupa deui saha wae juara na

    hah, ternyata memang dunia tak selebar "ituh"..

  2. Astrid says:
    Sunday, 16 November, 2008

    oooh...yg lomba kabaret tea?
    acit pertama kalinya ke lss lho itu..sama lana, waktu klas 2 sma.
    Ih, berkesan pisan.. asana mah abah ngobrol ma lana,tapi acit lupa abah waktu itu yg mana si, bah? *hehe, ieu teh komen ngomentaran komen*

    heuheu,,teh anggun. Klo udah punya rumah kedua lagi, berarti siap2 berkegiatan, berkesenian dan BERKELUARGA doong?:D

  3. Anonymous Says:
    Sunday, 16 November, 2008

    acit datang sma lana, lana ngobrol sma saya.. terus berkesan pisan nya? duh jangan bikin ge er gitu dong cit. hihihi

    berkeluarga cnah ngun. oos united mulai digerogoti kebubaran euy. :D

  4. anggun oktari says:
    Friday, 21 November, 2008

    abah : 'ituh' apa bah.. sensitif yeuh denger kata-kata 'lebar' =P

    acit :
    siap, cit! rekan-rekan guru saya emang udah kaya keluarga juga siih.. hehehe =D

    abah lagi : bukan digerogoti kebubaran bah, tapi terancam bertambah anggota =D

  5. ali bagus antra says:
    Thursday, 27 November, 2008

    itu pas gue jadi panitianya guuun..heuheuheu. MTs emang juara 1, soalna kabaret 5 teu milu.heu.
    memang LSS buat lu berkesan banget ya gun..sampe2 pupuhumu itu lu lauk juga..hehe

  6. anggun oktari says:
    Thursday, 27 November, 2008

    iya juara satu ternyata, kemarin menemukan pialanya di antara tumpukan-tumpukan piala lainnya. lamun kabaret 5 milu, terus meunang, patut dicurigaan tah, pan panitianya eluu,, hheheh.

    pupuhu juga manusia kaliii, bukan lauk.. ah kang ali, kaya ga berkesan ama lss ajah, ampe sekarang masi jadi pengurus lss kan? *jadi ama pengurus maksudnya heu*

  7. ali bagus antra says:
    Thursday, 27 November, 2008

    naha curiga ka urang.curigana ka si asep.puguh2 dia mah anggota kabaret 5...biasa jadi tangkal cau..

    iya..berkesan..sampe KESANgkut..ama pengurus yang memang kurus..heu..

    bukan begitu bu penggendut??

  8. anggun oktari says:
    Thursday, 27 November, 2008

    oh iya ya elu mah bukan kabaret 5, cuma anak 5 angkatan 2000 *upps*

    peng-gendut teh yang membuat gendut?? iya nanti insyaALLOh mau jadi istri yang berbakti, jago memasak, sehingga suami lahap makannya dan menggendut :D

  9. ali bagus antra says:
    Thursday, 27 November, 2008

    bagus lah. watir ayeuna makannya kalo ga bebek ya ayam ya tahu ya tempe..hehehehehhe

  10. anggun oktari says:
    Thursday, 27 November, 2008

    tambah sambel hejo donk hehe. sama dengan menu makananmu nya?? =D