lks ppkn

sejak 5 bulan terakhir, saya punya murid les baru. namanya michelle, kelas 1 smp.. anaknya cantik, mirip2 leony trio kwek-kwek gtu deh
(ku takut mamaku maraah, ku takut tanteku marahh, kutakut mereka marah karna malas sekolah.. saya dulu punya kasetnya looh)

okeh kembali ke topik sesungguhnya..
metode les yang diterapkan adalah menyelesaikan PR-nya yang ampir tiap hari selalu ada dan cukup banyak jumlahnya.
pr di sini mencakup pr untuk semua mata pelajaran kecuali bhs mandarin (secaree mandarin mah dia pasti lebih jago drpada saya..)

pelajaran favorit saya untuk diajarkan kepadanya so pasti matematika (ya iya lahhh masa ya iyaa donk..)
nahh satu pelajaran yg paling bikin saya males adalah.. eng-ing-eng.. jreng tagojreng-gojreng (ceritanya pake backsound).. ppkn..
(hmm kalo ga salah sih dah ganti nama jadi pKn ato apa gtuu.. pokonya kewarganegaraan deh)

kenapa males?? secare yaa kalo ada pr ppkn, pasti tugasnya adalah ngisi lks..
tau kan lks?? lks tuh singkatan kaya sd (*capruk LSS mode on).. kalo sd mah sekolah dasar, lks mah lembar kerja siswa

gmana ga males coba, kadang kerjaan saya jadinya cuma ngediktein jawaban yang cukup panjang ato kadang panjang banget dri pertanyaan2 yang cukup singkat.. dan kadang ngasi sedikit penjelasan ttg maksud dari pertanyaan ituh.

contoh: sebutkan jenis-jenis hukum!

nah jawaban dari pertanyaan tersebut ada 7 jenis dengan setiap jenisnya ada anak cucu cicit jenis lagi (ngerti kan maksud saya??).. dan di lks nya ajah penjelasan ttg jenis hukum inih nyampe 2 halaman ukuran a4.. see??

kenapa ga si michelle suruh aja tuh fotokopi dua halaman tadi terus tempelin deh di bawah pertanyaannya.. lebih efektif tampaknya drpd dia harus nyalin tuh jawaban.. iya kan?

gara2 inih saya jadi sempet bingung.. kalo gtu apa gunanya donk belajar ppkn??
tugasnya2 ajah asa tidak begitu bermanfaat .. yang ada paling murid2 cuma baca dan nyalin, ato kdg2 hanya sebatas ngapalin materi buat ulangan.. asa tidak kongkrit.
padahal kan sebenernya ppkn itu nyambungnya ama akhlak.. ama 'perbuatan-perbuatan baik ato tidak baik'.. iya kan?? harusnya sihh yang lebih praktikal, tapi bingun juga sihh kalo ditanya harusnya kaya gimana.

nah kemaren2 pas nonton dorce show (okeh guwa emang pengangguran.. semua acara tv ditonton dahh) , bintang tamunya deddy mizwar
dia ngomongin hal yang hampir serupa ama yang saya omongin barusan.
tentang ilmu kewarganegaraan yang malah bikin bingung para murid-murid sekolah.

ilmu itu ngajarin tentang kejujuran, tapi di sekitar kita koruptor bertebaran
ilmu itu ngajarin tentang taat hukum, tapi sering banget tuh di jalan raya terlihat orang yang dengan santaynya tetep berlalu saat lampu merah lalu lintas sedang menyala
ilmu itu ngajarin tentang norma kesopanan, tapi di tv uda biasa aja terlihat para selebritis yang kadang berpakaian sedikit seksoy ato bahkan seksoy banget.. pamer aurat.
ilmu itu ngajarin tentang saling menghormati, tapi yang ada di Indonesia sekarang, kericuhan ada di mana-mana.

gimana ilmu ini bisa menerap, kalo kuantitas para teladan-ers yang ada ajah uda minim.
sbenernya bukan masalah ketika sekolah hanya mengajarkan sebatas teori saja, karna ilmu ppkn secara praktek yang sesungguhnya, seharusnya didapatkan dari lingkungan sekitar.. dri para 'orang2 tua' yang seharusnya memberikan contoh yang baik kepada 'orang2 muda'.

gtuu kali yaa?? ah saya juga masi bingung..

tapi yang pasti sekarang saya tau salah satu manfaat belajar ppkn
apa coba?? yup.. memudahkan dalam tes CPNS hahaha^^
saya jadi curiga kalo anak smp bole ikutan tes CPNS tampak peluang mereka lebih gede dibandingin ma freshgraduate..
secaree yaaa.. mereka masih molotok aja kali tuh tentang UUD, undang2, pasal2 dan kawan2nya.. makanan sehari-hari.. haha^^

0 Response to "lks ppkn"