Ibu-ibu, hati-hati bawa anak!

..apalagi kalo bawanya ke masjid untuk ikut sholat tarawehan.

Bukan, bukannya saya melarang untuk memperkenalkan rumah ibadah umat muslim sejak dini.
Bukan, bukan juga saya melarang memberikan ghiroh ramadhan mulai sedari kecil.
Bukan pula maksud hati melarang ibu-ibu yang memiliki anak balita untuk tarawehan di masjid.

Hanya ingin berbagi cerita saja, mudah-mudahan ada manfaatnya..

Saya biasa sholat taraweh di masjid dekat rumah, namanya Masjid Al-Muhaajir. Masjid ini bertingkat, dengan lantai atasnya dipergunakan untuk makmum akhwat (seperti umumnya masjid dengan konstruksi bangunan bertingkat). Sebenarnya untuk menanggulangi juga kurang luasnya tempat sholat untuk akhwat di lantai bawah.

Di suatu malam saya sholat taraweh di lantai atas masjid, di shaf terdepan, sehingga membuat saya berhadapan dengan pagar pembatas lantai atas. Pagarnya berpola garis-garis horizontal sedikit meliuk-liuk seperti anak tangga (saya bingung mendeskripsikannya, anda bayangin aja sendiri lah yaa). Makmum yang sholat di lantai atas dapat melihat leluasa para makmum shaf-shaf terdepan yang ada di lantai bawah melalui pagar pembatas itu.

Nah di malam itu, saya merasakan cukup nikmat dalam melaksanakan ibadah taraweh, bacaan imamnya tartil, suasana mesjid kondusif karena tidak ada suara-suara 'gandeng' dari teteh-teteh usia sd-smp yang dateng ke mesjid bukan untuk shalat, tapi buat nyatet ceramah doank karna tugas dari sekolah (mereka diem karna udah ditegur+pelototin kayanya..hehe). Akan tetapi di tengah kekhusyuk-an itu, ada sesuatu yang datang dan sedikit mengganggu.

Seorang gadis mungil manis berusia sekitar dua tahun tiba-tiba datang menyeruak dari shaf belakang menuju shaf terdepan. Mukanya yang lucu, rambutnya yang kriwil bikin menarik perhatian (mirip2 ama saina yg di doo bee doo itu loh) ... ahhh khusyuk gun khusyuk...

Lalu tiba-tiba kelakuannya bikin 'lebih' menarik perhatian. Saina gadungan mulai menempel pada pagar pembatas lantai atas, meno'ong ada apa gerangan di bawah sana. (fyi, jarak dr lantai atas ke bawah sekitar 4-5 meter). Menempelkan kepalanya ke pagar beberapa kali, tapi untung ahirnya dia mundur kembali ke tempat asal.. haaa ni anak bikin deg-degan aja..

Sesaat merasa lega, Saina gadungan tidak melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya.. khusyuk gun khusyuk.. lalu tiba-tiba datang lagi si jagoan teh geura, dan kali ini tepat di depan saya. Mulai melakukan kegiatan yang sama seperti sebelumnya..

haduuuu bikin bingung.. saya jadi teringat berita yang sempat hangat kemarin tentang seorang balita yang jatuh dari lantai 25 apartemennya karena bermain tanpa pengawasan orang tua. Dalem hati saya sempat berujar 'ga papa lah selama dia ga naek-naek pagernya kayanya masih aman' sambil berusaha khusyuk lagi.. tapi ternyata bener ya, kata-kata itu sebagian dari doa, sering kejadian beneran.

Saina kecil mulai naik.. anak pagar pertama.. HHHAAAA gimana inii... anak pagar kedua, sambil kepala makin merunduk melihat ada apa gerangan di bawah.. hampir naik ke anak pagar ketiga.. ahirnya saya pun membatalkan sholat, kugendong si saina itu sambil bilang 'jangan de, nanti kalo jatoh gimana?'.. dan sang jagoan membalas dengan memukul tangan saya.. ahh dasar anak-anak!..

Belum kapok juga ternyata, setelah dia lepas dari gendongan saya dan berlalu, kemudian saya bersiap sholat kembali.. eh maju ke depan lagi tuh anak, nempel-nempel.. saya cuma bisa cengo sesaat, tapi untunglah ahirnya dia lebih betah main di daerah belakang. Sholat pun dapat kuteruskan.

wallahuallam yang saya lakukan betul atau salah, ada yang bisa ngasih tau ga yang seharusnya kaya gimana kalo sedang berada dalam kondisi seperti itu?? bagi ilmunya donk. Tapi dari kejadian itu, saya dapat ngambil satu kesimpulan, bagi para ibu yang mempunyai anak balita, mungkin harus disiasati lagi bagaimana caranya biar bisa membawa anak ke masjid saat tarawehan tapi tanpa mengganggu kekhusyukan ibadah orang lain. Baik memang ketika kita ingin menanamkan nilai-nilai religius seperti terbiasa ke tempat ibadah sedari kecil, tapi tidak baik pada ahirnya ketika malah jadi mengganggu hak-hak orang lain. Saya juga ga tau solusi nya seperti apa, maklum belum pengalaman jadi ibu beneran, baru jadi ibu guru aja..hehe.. sok atuh para ibu, ada yang bisa kasi solusi?? diantos =)

6 Response to "Ibu-ibu, hati-hati bawa anak!"

  1. infogue says:
    Thursday, 11 September, 2008

    ya emg bu,kl punya balita suka gag kusyuk,sy jg ngalamin gitu,tp klu anak tdk diajak ke masjid jg gag baik,kan biar dia bersosialisasi dgn lingkungan dan mengenal sholat berjamaah..sy rasa selama msh aman terkendali tdk apa2,kita ortu ya tetep waspada....
    artikel anda:

    http://orang-tua-anak.infogue.com/
    http://orang-tua-anak.infogue.com/ibu_ibu_hati_hati_bawa_anak_

    promosikan artikel anda di infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler,telah tersedia widget shareGue dan nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

  2. anu says:
    Saturday, 13 September, 2008

    kata aku sh kmu udh bener gun, tu anak harus ada ngasitau, klo ngga kan bahaya.. ok mngkn shalat kmu keganggu, tapi keganggu karena tujuan yang baik: ngingetin anak itu, dan bisa jadi kmu udh nyelametin satu nyawa..

    btw, al-muhajir lantai atasnya udah bagus ya? hihi, kangen ama pemda..

  3. tiffatora says:
    Saturday, 13 September, 2008

    heuh
    parah
    ibunya kemana emangnya?

    gun,
    mampir kesini yaa..
    http://tiffatora.blogspot.com/2008/09/ayo-bangun-babakan-siliwangi.html

    nuhuuunnn

  4. anggun oktari says:
    Sunday, 14 September, 2008

    infogue: yup betul, asal aman terkendali.. dan ortu megang posisi penting d situ, sebagai pemberi pengertian dan pendahuluan sebelum pelaksanaan, serta mengawasi pelaksanaan.

    anu : iya alhamdulillah Al-Muhaajir udah makin bagus sekarang setelah renovasi, ayo atuh kang arif kapan2 maen ke pemda lagi :) hehe

    tiffa : ibunya ada tif, sholat di shaf belakang..hehe

  5. Astrid says:
    Thursday, 18 September, 2008

    dasar saina gadungan! *lho?heu*

    klo soal teteh ngebatalin salat tuk keselamatan sang anak.. acit stuju, Teh:)
    mm,,entah y, dulu juga papa acit pernah kaya gitu, waktu ade acit naik ke meja makan pas masih kecil.. waktu udah mau nyampe pinggir2 meja makan, papa cepet2 ngambil ade, nyimpen di tmp aman, trus salat lagi..
    katanya, klo ngeliat sesuatu yg bahaya, itu dibolehkan.. yah, wallahu a'lam bishawab. tapi klo ga gt,aneh kan klo kta cuman jadi penonton dari suatu proses kecelakaan?hehe..

    soal ibu2 bawa anak ke mesjid..hmm,,kayanya klo mau bawa anak, sang ibu musti berusaha lebih keras dalam berkorban. Selain brusaha ibadah, jg berusaha biar anaknya ga ganggu org lain..
    Mungkin sebaiknya anak yg dbawa ke mesjid emg anak yg udh sampe tahap mengerti utk tdk ganggu ibadah org lain.. jadi dibawa bersosialisasi dan pengenalan pada mesjidnya pun lebih bermanpaat,, ataww.. yah. sang ayah mungkin musti mau berbagi kesusahan klo bawa anak ke mesjid:) klo salat wajib, kan bisa gantian.. tp klo konteksnya salat sunah, kaya salat taraweh..hmm, yah, dipilah2 aja, mana yg lebih utama utk diamalkan:) Jangan terjebak sama 'wujud ibadah'nya.. tapi lebih ke niat, amalan, dan manfaatnya buat smua orang..heuheu

    panjang amet nih komennya:P
    blogwalking menunggu seminar, teh..

  6. Anonymous Says:
    Wednesday, 24 September, 2008

    ceuk urang mah gun...
    ga usah ngebatalin solat..
    pindahin aja anaknya
    tapi jangan ngomong
    kalau ngomong batal

    pindahin anaknya
    terus lanjutin solatnya..