impian

CURHAT mode : ON


Kalau ngomongin soal mimpi, pasti jadi teringat hasil karyanya Andrea Hirata, tetralogi yang sungguh sangat menginspirasi banyak orang. Anak desa yang berani bermimpi setinggi-tingginya sekolah ke luar negeri dan akhirnya kesampaian.

Saya sendiri kalau udah ngomongin soal mimpi atau katakanlah cita-cita *saya bingung membedakannya, buat saya sih sama saja*, sangat identik dengan profesi saya sekarang ini, guru!

Ekspresi orang berlainan ketika tahu profesi saya sekarang, terutama setelah tahu saya lulusan ITB dan akhirnya *hanya* menjadi seorang guru. Tidak jarang saya menemukan ekspresi keheranan *terutama dari orang yang belum terlalu kenal saya*. Seperti kemarin ketika saya bertemu dengan Nora, -wanita kristiani yang taat, cantik dan pintar-, di seminar kupas tuntas UN 2009 di diknas.

Awalan obrolan dimulai dengan saling bertanya ngajar di mana ? *karena sudah pasti peserta seminar itu adalah guru* dan akhirnya sampai kepada *ohh dulu kuliah di mana?* ketika saya jawab ITB.. tercengo-cengolah dia..

Kemudian muncul lagi pertanyaan yang cukup sering saya dapatkan *ko mau jadi guru sih?* dan lagi-lagi saya punya jawaban yang sama *pengen..*

Yah sesimpel itu jawaban saya karena memang tidak ada lagi alasan lain. Tidak perlu saya jabarkan alasan muluk-muluk : ingin mencerdaskan anak bangsa, biar awet muda bergaul sama anak-anak, atau pengen punya amalan yang tak pernah putus *ini mah emang pengen denk hehe* dan lain lain kan???

Ketika orang-orang sering berpetuah 'gantungkanlah cita-cita setinggi langit', saya malah jadi bingung. Jujur, buat saya jadi guru memang cita-cita, tapi anggapan beberapa orang mematahkan dua kata selanjutnya dari petuah di atas.

Jadi guru mah gampang teu kudu digantungkeun setinggi langit *mungkin ini juga..entahlah*.. ketika menyayangkan saya yang lulusan itb jadi guru sebetulnya orang-orang *tak smua orang juga sih* berarti sudah menganggap guru bukan suatu profesi sulit yang harus diraih dengan berbekal masuk ke perguruan tinggi bergengsi nu ceuk cenah mah terbaik tea padahal mah wallahuallam =D iya kan?? ketika mereka menyayangkan, artinya memang seharusnya saya bisa mendapatkan profesi yang lebih baik dari ini *mungkin dalam artian materi yaa*

Jujur saja dulu juga saya gengsi, bohong kalau saya bilang saya ga pengen bekerja di perusahaan ternama dengan gaji berjuta-juta, bohong kalau saya bilang ga sirik liat teman yang pakai setelan gaya eksekutif muda berkantor di ibukota... tapi hasrat kenyamanan saya terlalu tinggi dan saya termasuk orang yang sangat mengikuti kata hati.. makan deh tuh gengsi!

Saya lebih memilih nyaman melakukan yang saya lakukan daripada pusing mikiran apa yang orang bilang. Jadi biarlah cita-cita saya mungkin tidak setinggi langit, tapi mudah-mudahan jadi amalan sampai ke langit *hadahhh.. apa pula bahasa ini*

Nah ketika ada juga orang yang bilang 'keluarlah dari zona nyamanmu, raih cita-cita, hadapi tantangan' saya juga jadi bingung.. Hasrat kenyamanan saya begitu besar, begitu juga dalam meraih cita-cita. Tantangan yang saya hadapi malah sangat saya nikmati dan jadi suatu kenyamanan tersendiri buat saya *da mun teu nyaman mah hoream atuh ngalakonannana*

Saya tipikal orang yang ga mau ngejelimet, tidak terlalu berambisi dalam segala sesuatu.. yang sederhana-sederhana aja lah.

Ketika kepikiran profesi guru pun sebenernya karena saya pikir itu pekerjaan yang sederhana, seru, dan menyenangkan. Bergaul dengan anak-anak, mengajarkan ilmu yang saya punya, apa lagi siih?? dan ternyata setelah dijalani *Wakwaw..salah* tak sesederhana itu.. tapi toh tetep saya nyaman melakukan pekerjaan saya, karena memang ini yang saya inginkan.

Ahhh tapi saya mah ga mau bingung sama petuah orang.. let it flow aja lah hidup mah jangan banyak berteori.. cuman sekali ini, kalo kebanyakan teori nanti tak ternikmati.

Tapi bukan berarti menjalani apa adanya lalu saya jadi ga punya cita-cita dalam kehidupan. kalo soal itu mah banyak.

Setelah jadi guru ini saya pengen punya tempat penitipan anak atau baby schooling atau paud atau apapun namanya. Saya pengen ngbantuin para wanita karir yang sibuk di kantor agar anak mereka tetap terdidik dengan baik di masa-masa usia emasnya. Tentu saja dengan sebelumnya bersekolah dulu, tak apa lah kalau perlu saya ambil s1 lagi tentang paud (pendidikan anak usia dini).. *saya tertarik sekali dengan jurusan S1 PAUD al-azhar Jakarta.. mengajarkan mendidik usia dini secara islami.. mau mau mau*.. niat saya sekolah lagi juga da memang pengen diajar lagi bukan buat sekedar nambah gelar master di belakang nama.
aneh?? ahh bae lah,, da saya mah pengen hehehe

Saya juga pengen fokus kursus menjahit, bener-bener pengen bisa ngejahit terutama baju anak-anak buat anak sendiri hehe dan pengen buka toko online pakaian anak-anak hahaha =D

Udah gitu pengen jadi bu RT *rumah tangga dan rukun tetangga* =D, anggota pengajian ibu-ibu di kelurahan, aktif di posyandu, nganter anak ke sekolah pake sepedah.. ahh kepengeeennn saya banyak emang *atau struktur kalimatnya seharusnya emang banyak sekali yang saya pengenin yaa* sigana mah salah duanana denk hehe=D

Tuh kan saya juga punya cita-cita ko, biarlah sederhana, tapi saya nyaman memimpikan dan berusaha meraihnya.. bikin hidup saya lebih berwarna dan tidak hampa.. cita-cita mu apa hey kawan?? saya percaya semuanya pasti luar biasa hihi

CURHAT mode : OFF


16 Response to "impian"

  1. Astrid says:
    Thursday, 26 February, 2009

    waks,,ga mungkin jadi guru itu gampang. *secara karir mungkin iya, ga repot. Tapi secara profesional?hmm..*

    btw,teh, kayanya 'keluarlah dari zona nyamanmu, hadapi tantangan' teteh salah satunya adalah berani ngehadapin pandangan orang ttg keanehan 'lulusan itb jadi guru'.

    Justru dengan memilih jadi guru dan ngikutin kata hati..itu perjuangan sesungguhnya buat 'ngeraih cita2' kata acit mah..hehehe *speak mode: on*

  2. anggun oktari says:
    Thursday, 26 February, 2009

    hoo kitu nya.. acit melihat dengan perspektif yang berbeda.. hehe nuhun, nuhun

  3. Anonymous Says:
    Thursday, 26 February, 2009

    4 jempol + 4 jempol lagi (minjem jempolnya suami) buat anggun!

    setuju banget sama yg astrid bilang di atas..

    ...kalo aja lebih banyak orang2 seperti anggun, yakin deh pendidikan di indonesia bakal maju..

    semoga selalu ditunjukkan jalan yg terbaik ya nggun.. dan tentu aja "amiin" utk semua cita-citanya.. :)

  4. Anonymous Says:
    Thursday, 26 February, 2009

    Guru itu bukan orang yang banyak tau
    Guru itu bukan orang yang banyak ilmu, Tapi Guru itu berusaha selalu menjadi orang yang banyak tau dan selalu tetap berusaha mencari ilmu. Aku bersyukur menjadi seorang Guru, karena insyaAllah pahala ilmu yang tidak pernah akan terputus.
    Ketika Hirosima n Nagasaki di Jepang di bom Sekutu.. pihak pemerintahannya menanyakan berapa guru yang masih hidup??? Itulah Jepang bisa maju karena sangat khidmat pada gurunya.

  5. Anonymous Says:
    Thursday, 26 February, 2009

    buset dah asli ieu mah curhat, panjang pisaaaannnn..
    jdi inget jaman sielu sok diusir dri leb pas lgi TA tea gning ngun, kita pernah chat soal mimpi2 kita.. hehe, ampir 2 taun yg lalu asa na mah..

  6. Irma Susanti Irsyadi says:
    Saturday, 28 February, 2009

    yah gun .. babaturan sayah mah ti upi nu labelna 'pendidikan' malah emoh jadi guru. jadi eta mah soal 'panggilan jiwa' saja lah
    mun saya jadi guru, karena hanya itulah satu-satunya profesi yg memungkinkan untuk ngomong banyak (secara ..) tapi sarua kok, keur sma saya pernah diseungseurikeun barudak sakelas gara-gara hayang jadi guru.
    btw, mun engke geus boga day-care, sayah nitip budak nya? haha (angger..)

  7. anggun oktari says:
    Saturday, 28 February, 2009

    @riana :: amiiin.. nuhun pisan, ri :) *jangan lupa jempol suaminya dibalikkin..hehe*

    @anonymous a.k.a bu rina :D :
    hidup guru pokona mah!! hehehe. tetap semangat!!

    @abah :
    hoho..iya bah, hampir dua tahun yg lalu.. masih mimpi yg sama ya bah? hehe tapi dengan banyak perombakan hahaha

    @irma susanti :
    rek nitipkeun budak nu ka-lima?? hahahah... oke oke.. aku selalu suka sama anak2mu :)

  8. mUx says:
    Tuesday, 03 March, 2009

    Memang bukan *hanya* mengajar bu.. Permasalahan anak didik mah bejibun.. Dr masalah rumah kebawa k sekolah, masalah akademis kaya males atw belet, trus kenakalan anak +remaja.

    Bukan hanya mengajar, tapi mendidik! :D dan itu bukan kerjaan spele..
    Kalau memang itu keinginanmu, gun, sy bangga kenal sm kamu ;)
    Sukses ya gun, jgn lupa mandi.. :p

  9. dinchan says:
    Thursday, 12 March, 2009

    huaaaa!!!bu anggunnn!!*peluk2 bu anggun ampe penyet* terharu..sangat mulia sekalih..cita2nya sederhana..tapi bu..gak akan ada presiden kalo gak ada guru..^^

    yay!!!semangat terus bu!!^^

  10. UniRa says:
    Thursday, 02 April, 2009

    sukses menurut aku adalah ketika seseorang dapat mewujudkan apa yang dia inginkan.
    Nggun..kamu termasuk orang2 sukses itu..
    satu lagi..kamu adalah salah satu alumni ITb yang keren (versi aku...berbangga lah..heheheh)
    karena tidak semua orang bisa BERANI meraih apa yang BENAR2 mereka idamkan...
    Gudlak buat anggun..semoga suatu saat bisa menjadi guru teladan bagi yang lainnya..

  11. tiffa says:
    Tuesday, 07 April, 2009

    wilujeng nggun,
    hihiy.
    kapan atuh ya ghwa bergerak sesuai suara hati. secarrrra cita2 ajah jadi ibu rumah tangga...
    *c.u.r.c.o.l*

  12. anggun oktari says:
    Tuesday, 07 April, 2009

    jadi ibu rumah tangga itu suara hatinya, fa.. hehehe :)

    ibu rumah tangga yang produktif donk ahhhh.. ayo kita kemon :D cita - cita saya itu juga..

  13. anggun oktari says:
    Sunday, 12 April, 2009

    @kang mugni : ga akan lupa mandi ko kang :P

    @dini : semangat juga dini!! *waduuh penyet deh sekarang si aku* :P

    @rahma : waaa suda lama sekali tak bertemu denganmu, kangeen:) makasi buat komen nya ya, ma :)

  14. Anonymous Says:
    Monday, 19 October, 2009

    Hi,,saya indi. Suka baca postingan ini karena juga ngalamin hal yang anggun alamin. Lulus IPB, tapi dari kecil emang pengen banget jadi guru SD. Sekarang kesampean Alhamdulillah walaupun sering banget dapet reaksi yang sama dari orang2 karena "cuma" jadi guru;)

    But, who cares?Its more important to live your dreams than to do what most people say you must do, right?:)

    Semangat!;>

  15. Fajar_Okti Says:
    Saturday, 28 November, 2009

    anggun...
    ini pertama kalinya saya baca blog anggun, dan isinya bagus, ada seriusnya, ada lucunya juga, dan banyak juga hikmahnya. Ternyata anggun rajin bercerita juga ya - hobi yang cocok sama profesi guru, harus bisa bercerita ke muridnya.

    Ada temen yang pernah bilang ke saya: "Jgn harapkan orang lain yg memutuskan apa yg hrs Anda jalani dgn berani. Jadilah pribadi yg berani. Ingat,keberanian adlh bukti dr iman"
    Jadi kalau anggun sudah berani mengambil sebuah keputusan - dalam hal ini profesi guru - berarti anggun sudah menunjukkan tanda orang beriman, karena iman adalah keyakinan, dan anggun sudah yakin dengan profesi yang anggun jalani.

    Sippp anggun, keep on going... Semoga sukses juga dengan usahanya mau bikin tempat penitipan anaknya :) (saya juga punya ide usaha yang sama lho...)

  16. anggun oktari says:
    Monday, 30 November, 2009

    @indi : waaaa ketemu yg punya cerita saamaaa.. betul sekaliii, indi.. lets love what we do, do what we love :) semangaaat! :D

    @kang fajar : makasi suda berkunjung :) makasi juga komennya terutama bagian 'keberanian adalah bukti dari iman'..ahh terharuuu

    semoga sukses juga buat kang fajar.. hayo pabalap2 siapa duluan yg punya tempat penitipan anak..hehehe :)