semoga ilmumu bermanfaat untuk umat :)

Sabtu kemarin, saya bersama manajer dan 2 rekan guru berkesempatan mempromosikan sekolah kami di salah satu SD islam swasta ternama di cimahi yang murid-muridnya pada akhirnya banyak menjadi murid-murid kami =D)

Ketika itu sedang ada agenda pertemuan alumni bersama orang tua dan siswa-siswi kelas 6 SD tersebut. Kami diberi satu buah stand untuk promosi. Jujur saja dengan padatnya agenda beberapa minggu ini, persiapan untuk promosi kurang pol-polan. Baru disiapkan pagi hari menjelang berangkat.. banner, kalender untuk souvenir, brosur, formulir pendaftaran, tak lupa laptop berisikan foto-foto kegiatan di sekolah dan video pensi guru *haha..teuteuuup pamer karya..dasar narsis*. Nah sebelum berangkat, kaideuan, karna target promosi kali ini banyaknya adalah siswa SD kayanya bagus juga kalo kita nyediain permen, buat menarik perhatian *ahirnya beli lah saya permen loli milkuat di toko di pasar...sebungkus isinya 50 biji harganya 17500* =P

Sampai di sana, beberes dan nangkring, majang permen di keler yg bentuknya kaya akuarium itu loh *atau itu sebenernya akuarium tapi kita fungsikan sebagai keler yaa??* hehehe

dan ternyata benar saja kawan-kawan.. permen kami menarik banyak perhatiaaaaann.. huhuy =p
Meja dikerubungi barudak leutik kelas 6 yang berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kami sebagai syarat dapet permen.

Kemudian, ketika meja mulai sepi dan saya lagi nge-lamun, ada seorang anak laki-laki lewat sambil senyum-senyum. Saya udah curiga *heuu pasti kabitaeun permen yeuuh* kemudian saya sapa dia

"assalamualaikum"
"waalaikumsalam" sambil langsung nyamperin..
"namanya siapa?"
"...." saya aga lupa, kalo ga salah namanya fadli =P
"hoo..kelas 6 yaa? nanti mau ke smp mana?"
"smp 5 bandung"
"hoo kenapa pengen kesana"
..............................................

obrolan berlanjut..dan saya simpulkan anak capetang ini pasti anak pintar, sampai akhirnya
"mau permen?"
"boleh?" dia bertanya
"boleh..ambil aja"
"makasih yaa"

Tak lama setelah itu, terjadi obrolan antara beberapa orang anak *diantaranya anak pintar tadi* dengan manajer saya yang kebetulan guru sains. Mereka ngobrolin tentang mata kucing yang bercahaya kalo di malam hari.

Sang anak pintar tampak tertarik dengan pembahasan ini, sampai pada akhirnya dia terus-terusan minta pertanyaan menarik yang berhubungan dengan sains *yang tentu saja kalo bisa dijawab berhadiahkan permen* hehehe

Pa manajer pun memberi satu pertanyaan "kenapa beruang kutub ga suka makan pinguin?"
Banyak jawaban yang keluar, di antaranya "abis pinguin banyak bulunya doank, dagingnya ga adaan" atau ada jg yang jawab "pinguin renangnya cepet"

Setelah mengeluarkan beberapa jawaban yang bisa dibantah kebenarannya oleh manajerku, anak pintar pun mulai merengut terlihat berpikir..kemudian dia jawab

"aku tau..aku tauu..soalnya beruang tinggal d kutub utara, pinguin di kutub selatan jadi kejauhan"

"pinteeeeerrr.." jawab manajerku

Subhanallah.... setelah memegang permen hadiahnya, dia pun berkata "lagi donkk lagiii"
huee..setelah sekian banyak pertanyaan masi minta lagi.
Terus saya bilang "Kalo mau pertanyaan lagi, masuk asih putera yaa, nanti dikasih yg banyak di sana" *hahaha kan judulnya agenda hari ini..promosiiii* =p
Kemudian "giliran aku kasih pertanyaan yaa"
"boleh..boleh" kata kami sambil penasaran
"berapa kali besar saturnus kah cincinnya yang baru saja ditemukan baru-baru ini?" *dia menyebutkan februari, pas saya googling ternyata okt 09*
FYI, dia melengkapi pertanyaannya dengan nama teleskopnya segala rupa yang saya aja meneketempe. huaaaa subhanallah pintarnyaaa

Pertanyaan ini dilanjutkan dengan diskusi antara anak tersebut, temannya, dan manajer saya tentang luar angkasa.. Selebihnya banyaknya adegan saya takjub melihat luasnya wawasan anak tersebut terutama soal luar angkasa. *dan bikin saya ngeh, kenapa kuis are u smarter than a fifth grader bisa ada* :P

Penasaran..saya tanya dia
"cita-citanya mau jadi apa?" karena saya yakin anak sepintar dia pasti punya cita-cita yang unik
"temen-temenku juga uda pada tau"
"iya, mau jadi apa? ibu pengen taunya dari orangnya langsung"
"tebak"
"mmm..astronot" mengingat antusiasmenya ketika ngomongin planet, asteroid dan semacamnya
"bukan"
"pilot pesawat luar angkasa"
"hampir bener"
"ih apa doonk..kasi tau aja, biar nanti ibu doain mudah2an tercapai"
"tadi hampir bener tuh"
"pilot?"
"aku kasi petunjuknya ya, nama pesawatnya.. xB 70 valkyrie"

Hehhhhhh? saya cengo sesaat.. kemudian takut salah, saya tanya manajer.. itu pesawat apaan sih? bomber kan yaa?
dan ternyata betul doooonnnkk..huhuhuhu

terus manajerku bilang "kenapa cita-citanya jadi pilot pesawat yang mematikan makhluk hidup? mendingan yang menghidupkan ajaa"
dan dia hanya tersenyum...

ahhhh ..AA, ibu mah ga akan ngedoain cita-citamu tercapai ahhh.. tapi ibu doain semoga kepintaranmu, ilmumu bisa memberi sebanyak-banyaknya manfaat bagi umat yaa..amiiiiinnn =)

sing soleh ya A =)


7 Response to "semoga ilmumu bermanfaat untuk umat :)"

  1. tiffa says:
    Thursday, 25 February, 2010

    aslmwrwb,
    salam buat anak itu kalo ketemu lagi ya bu guru. waktu SD dulu gw pernah berkejadian mirip sekali seperti itu. dulu ada seorang guru yang sabaaaaaarrr banget ngadepin pertanyaan2 ga penting gw seperti 'jadi kenapa kita ngga pindah ke neptunus aja?', menyenangkan sekali loh buuu ketika pertanyaan2 kita segapenting apapun itu tetep dijawab dengan serius. membesarkan hati meningkatkan kepercayaan diri nambah ilmu buat keduabelahpihak dan membuat anak-anak ngga takut bermimpi.


    jadi bu, lesson of the day, anak kecil yang serba pengen tau dan ngomong aneh sendiri soal luar angkasa jangan dikatain freak ya. haha. curcol.

  2. yanda says:
    Thursday, 25 February, 2010

    Anggun, membaca postinganmu, aku langsung sms adikku (yang kelas 6 SD juga) soal si beruang2an.. adikku menjawab kayak si AA juga dengan lempeng sambil nanya balik, "itu teka-teki ato pertanyaan maksudnya?" hihi..

  3. anggun oktari says:
    Thursday, 25 February, 2010

    tiffa : waalaykumussalam wr wb
    hehe.. iya fa, insyaAllah ga akan ngatain freak, malah takjub dengan anak2 seperti itu.. :)

    yanda : wahh??.. apa itu uda jd pertanyaan umum di kalangan anak kelas 6 sd yaa? :P alhamdulillah yaa, berarti banyak anak2 bangsa yang berpengetahuan luas :)

  4. putri setiani says:
    Friday, 26 February, 2010

    kenapa engga diaminin teh.. kalo militer kita udah kuat juga pasti butuh pilot pesawat bomber. Bukan buat ngebom orang, justru buat jaga perdamaian biar orang2 baik ga digangguin orang2 jahat.
    Keren anak kelas 6 SD udah determined banget.. :D

    Dan kmrn2 uti baru saja diledekin gr2 gaktau beruang itu di kutub utara apa selatan XD

  5. anggun oktari says:
    Friday, 26 February, 2010

    hehe abis mikirnya uda negatif duluan ti, bomber gitu loooh..teu kapikiran nepi ka siga uti :P hehehe

    makanya didoain nya semoga ilmunya bermanfaat untuk umat aja.. mau jadi apapun dia :) hehehe

  6. Anonymous Says:
    Monday, 01 March, 2010

    valkyrie guuuun >.< gilaaa, itu pesawatnya keren banget..

    pernah ka idean jadi enjineer penerbangan tea... huwouwouwou...

    anak gitu binarnya harus dijaga dun...

  7. anton says:
    Thursday, 11 March, 2010

    jaman dulu da sekumpulan anak2 kecil jln2 k tunjungan plaza surabaya.. ada 1 cowok yg kbetulan sebagai salah satu pacar dr mereka.. salah satu anak bilang k cowok ini kira2 sprt ini:

    "Kak.. kmu mw g aq jadikan kakak aq krn aq g pny kakak cowok..truz blh g aq panggil kmu kakak.."

    kl g slh aq jg lupa,ada 5 orang:
    cewek,cewek,fitri,anggun,anton